Berita CSK
12

5 Cara mudah belajar kimia

Posted by budhi gunawan on August 1, 2011 in K i m i a |

5 Cara mudah belajar kimia

Ketika Anda memasuki sekolah jenjang Menengah Atas yaitu kelas 1 SMA atau sekarang lebih dikenal dengan sebutan kelas X. Maka akan ada pelajaran baru yang namanyan KIMIA. Dari namanya tentu anda akan bertanya apa itu kimia?

Saya beri contoh perbedaan perubahan fisika dan kimia saja ya, agar langsung mengerti maksudnya, kadang kalau kita jelaskan definisinya, malah membuat Anda bingung.

Contoh perubahan fisika yang Anda tahu

  • Es meleleh menjadi air
  • Air menguap menjadi uap air
  • Bel listrik berbunyi

Jadi perubahan tersebut hanya berubah wujud.

Contoh perubahan kimia

  • Nasi yang membusuk
  • Besi berkarat
  • Proses fotosintesa pada tumbuhan

Jadi disini ada perubahan susunan zat, yang mana zat yang terbentuk tidak dapat balik ke bentuk asalnya.

Nah sekarang tibalah saatnya Anda mengetahui “5 Cara mudah belajar kimia

  1. Karena kimia adalah pelajaran yang sebagian hitungan dan sebagian teori, maka Anda harus bisa mengerti mana-mana yang perlu diperhatikan.

Awalnya biasanya akan ada teori, bla-bla , dari teori tadi , Anda juga harus menyimak, maksud dan tujuan penjelasan teori tadi. Kalau guru Anda menyuruh Anda mempelajari dan menghafal dari teori tadi, Anda harus segera menghafalkannya.

Kenapa? Kalau Anda tidak segera menghafal, maka teori-teori yang berupa hafalan tadi akan menumpuk.

chemistry

Misal Anda disuruh menghafal nama unsur : H (Hidrogen) , Li (Litium) , Na (Natrium) dan seterusnya. Maka segera lakukan. Biasanya setelah Anda menghafal nama tadi, akan ada kelanjutannya, mana dari nama-nama tadi yang logam, non logam, atau metalloid. Setelah Anda menghafalkan lagi. Timbul baru lagi yaitu valensi. Jadi itu saling berkait.

Kira-kira mengerti maksud saya ya.

Anda bisa bayangkan kalau Anda sudah disuruh manghafal valensi, namun Anda belum hafal Na itu apa, atau Fe itu apa. Mestinya hafalan Anda akan menumpuk seperti bukit. Betul kan?

  1. Pastikan Anda mengerti tiap Bab dari materi yang diajarkan di sekolah. Karena biasanya materi di Bab sebelumnya akan mempengaruhi dari Bab yang baru. Intinya Anda harus  mengerti Bab sebelumnya untuk menunjang Bab baru. (kalau Matematika, biasanya tidak berhubungan antar Bab yang satu dengan Bab lainnya, ada juga yang berhubungan namun sedikit)
  2. Buat bagan atau skema atau ringkasan dari teori yang ada sehingga memudahkan Anda bila ingin mengulang materi tadi.
  3. Kalau masalah hitungan kimia, sebenarnya sama dengan postingan saya yang terdahulu yaitu 8 langkah jitu menguasai matematika 
  4. Usahakan tidak mendadak belajar bila akan ada ulangan kimia. Mencicil tetap menjadi metode belajar terbaik (menurut pandangan penulis)

Oke selamat di praktekkan. Jangan hanya di mengerti. Praktek! Praktek! Praktek!

Ada baiknya kalau ingin belajar lebih, dapat tanya di Creative Smile Kids .

Tags: , , , ,

12 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copyright © 2011-2014 Bimbingan Belajar Matematika Fisika Kimia on Line All rights reserved.
This site is using the Desk Mess Mirrored theme, v2.0.4, from BuyNowShop.com.